Senin, 14 Maret 2016

cerita singkat Sekolah di MTs.Sirojul Kamal

Hallo semuanya...

      Saya Karna Wijaya,disini saya akan menceritakan pengalaman singkat 
saya selama bersekolah di MTs.Sirojul kamal. Mungkin ada yang sudah tau saya agkatan berapa di MTs tapi mungkin ada juga yang belum tau,atau mungkin bertanya-tanya "nih orang siape?" Haha

      Oke pertama-tama
marilah kita panjatkan puji dan syukur, eh salah udah kaya pidato aja jadinya -.- (jadi inget Arman wkwk). Oke pertama-tama saya perkenalkan diri dulu secara lengkap ya, jadi nama saya Karna Wijaya. Saya masuk di MTs Sirojul Kamal tahun 2010 (kalo ga salah hehe), iya bener ko tahun 2010 pas masuk soalnya pas lulus itu tahun 2013,jadi kalo dikurang 2013-2010 jadi 3 taun kan tuh,jadinya pas sama masa sekolah di MTs yang jumlahnya 3 taun.eh masih aja ya ada unsur matematika nya wkwk maafkan :D


       Jadi saya adalah alumni MTs Sirojul Kamal (dulu gue nulisnya "sheerchaal" pas masih alay hhe) angkatan lulus tahun 2013. Mungkin ada yang sudah kenal,untuk yang belum kenal nanti bisa kenalan pas ketemu :D

      Disini saya akan menceritakan pengalaman sekolah di Sirkal,entah itu dari perasaan,kenyamanan,ataupun motivasi yang tumbuh selama bersekolah disana. Hmm pas awal masuk itu taun 2016, pas lulus dari SD sebenernya ga ada sama sekali nama MTs.Sirojul kamal di daftar lanjutan sekolah,dengan kata lain pas lulus SD ga ada keinginan untuk melanjutkan sekolah disana. Soalnya dari sebelum lulus,saya bersama temen2 yang lain sudah punya rencana untuk melanjutkan sekolah ke SMP Negeri di Dramaga. Ya itu pilihan utama, SMPN 1 Dramaga dan SMPN 2 Dramaga.dan pilihan cadangan selanjutnya pun masih daerah sekitar dramaga sana,ga kepikiran mau ngelanjutin ke Sirojul Kamal.

       Pas udah ujian, akhirnya saya bilang ke orangtua pengen ngelanjutin sekolah ke sekolah yang diatas udah di sebutin tadi (liat lagi keatas yak kalo lupa 😆), tapi ternyata orangtua ga ngebolehin dengan alasan terlalu jauh. "Kalo mau ngelanjutin sekolah ke yang deket aja"gitu katanya hehe. Karena yang deket dan banyak tetangga yang sekolah di Sirkal,yaudah akhirnya terpakasa dah harus sekolah ke Sirkal.

      Oke akhirnya saya masuk ke MTs.Sirojul Kamal, hari pertama masuk kan pasti MOS dulu yah -kalo ga salah di MTs namanya MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru)- ,dengan suasana yang asing waktu itu cuma bisa diem (sok soan pendiem haha). Tapi ada satu hal yang membuat saya termotivasi bersekolah disana, waktu MOS kan ada murid baru dari berbagai sekolah,ada satu momen dimana salah satu panitia atau siapa gitu lupa :D menyapa masing2 sekolah,dan pas di tanya,lulusan yang juara 3 besar dari tiap sekolah yang melanjutkan ke Sirkal,tiap sekolah punya jagoannya masing2 yang dapet juara 3 besar (yang paling gue inget waktu itu yang dapet juara 1 dari sekolahnya yaitu Arman sama Hikmah-hehe cuma inget 2 orang ini aja- . Tapi pas nama sekolah SD saya dipanggil,seketika hening (lebay banget bahasanya -.-) soalnya ga ada perwakilan juara yang masuk 3 besar, dan saat itu motivasi saya muncul. Walaupun dari sekolah saya tidak ada yang juara masuk ke MTs ini,tapi saya akan membuktikan bahwa saya mampu bersaing disini.

Masuk semester pertama, saya masuk kelas 7A waktu itu. Disini saya dapet suasana baru dan temen baru tentunya,dan juga guru-guru baru yang mengajar disana sampai akhirnya pas pelajaran matematika ketemu sama yang namanya pak Triyadi,karena emang dari SD saya suka sama pelajaran ini jadinya ditunggu siapa guru yang mengajar matenatika di sekolah MTs. Pas masuk beliau mengajarkan pelajaran dasar. Oh iyah jadi dulu itu pak tri ini sering ngadain kaya latihan tambahan gitu buat pengembangan, dan alhamdulillah waktu itu kepilih sebagai salah satu yang ikutan latihan itu.nah mulai dari situlah saya makin pede hehe bahwa disini bisa berprestasi menyusul yang lain.oiya blm komentar nih soal guru2 baru :D
Menurut saya guru2 di MTs itu ??? Pada baik,mereka sebisa mungkin dengan dengan murid (itu yang saya rasain ketika sekolah disana).

     Dilanjut ya :-). Semester pertama pas dibagiin hasil UAS nya Alhamdulillah dapet peringkat 5 waktu itu,segini juga udah alhamdulillah masuk 5 besar padahal waktu SD gapernah dapet haha. Dan saat dapet hasil segitu,saya makin makin termotivasi lagi untuk dapet juara dikelas buat semester berikutnya, walaupun di kelas waktu itu ada Arman (hhe di sebut lagi) yang setau saya dia itu dari kelas 1 sampe kelas 6 dapet juara 1 disekolahnya termasuk semester 1 ini dia juga dapet juara 1.

      Pas semester kedua, saya makin ngerasa nyaman dengan suasana di MTs ini terutama di pelajaran matematika.saya fikir ini bisa dijadiin salah satu senjata buat dapet juara 1 di semester ini hehe,oiya makin nyamannya di matematika ini soalnya saya ngerasa yang ngajarnya juga bikin nyaman,salah satu guru yang ga bakal dilupain itu pak Triyadi ini soalnya gmn ya dia ini orangnya penuh motivasi dengan cerita2 nya waktu kecil yang membuat saya ingin menjadi seperti beliau.bahkan waktu itu sempet punya cita2 jadi dosen matematika karena pengen nyamain profesi beliau sebagai pengajar,ya pokonya saya mengucapkan terima kasih banyak untuk guru yang satu ini :)

Pas semester kedua, dengan adanya motivasi juga mungkin yah hehe , kalo tipe orang jujur saya adalah orang yang males jadi belajarnya pas mau ujian doang haha tapi alhamdulillah di semester 2 ini dapet apa yang jadi tujuan di awal dapet juara 1,eh tapi yang jadi tujuan awal sih waktu itu bukan jadi juara 1 tapi harus dapet peringkat di atas Arman soalnya saingan paling berat waktu itu Arman wkwk. Dan yah saya berhasil membuktikan bahwa saya bisa bersaing disekolah ini dan bikin orangtua seneng,soalnya dari SD itu gakesampean pengen orangtua itu liat saya naik keatas panggung sebagai predikat dapet juara kelas. Sekali lagi alhamdulillah bersyukur banget waktu itu.

Pas naik kelas 8,saya mulai aktif di kegiatan pramuka walaupun pas SD gapernah ikutan hehe,soalnya saya anggap pramuka itu gaseru sama sekali. Tapi ternyata pas dicobain ,gila men seru parah. Soalnya ketika kita jadi anggota pramuka dan lagi kumpul sama anggota pramuka dari sekolah lain, yaudah kita berbaur aja gitu kaya ga adalagi yang namanya darimana asal sekolah kita,semuanya kaya keluarga. Dan menurut saya itu yang paling seru dari pramuka. Oiya satu lagi guru yang saya ingin mengucapkan terima kasih banyak, yaitu pak Engkos Kosasih,beliau ini guru di kelas sekaligus pembina pramuka di sekolah. Beliau ini orangnya asik dan deket banget sama murid.dan mungkin krn dia, saya bisa lebih mengekspos kemampuan,rasa percaya diri,terutama di komunikasi hhe jujur aja waktu itu orangnya pendiem dan susah berbaur dengan lingkungan sekitar. Dan dengan ikut pramuka dan deket sama pak Engkos ini saya bisa jadi orang yang lebih terbuka dan lebih aktif lagi di sekolah.

Peringkat di kelas setelah itu aga naik turun tapi masih di 3 besar, pas kelas 8 semester pertama peringkatnya turun jadi ke 3 dan Arman dapet juara 1 lagi waktu itu,tapi pas semester kedua dapet juara 1 lagi. Makin seru aja nih persaingan hhe, oiya Arman ini juga temen deket jadi kita saingannya di prestasi aja yak kalo diluar lapangan mah kagak :D .

Masuk kelas 9,udah disuruh mulai mikirin mau ngelanjutin sekolah kemana sama orangtua. Tapi saya sih santai2 aja hehe orang baru awal taun ko udah suruh mikirin mau lanjut sekolah kemana -.- . Pas kls 9 ini saya makin nyaman sekolah di MTs Sirojul Kamal bahkan kalo pulang sekolah pun pasti maen dulu di sekolah ga langsung pulang kerumah hehe. Pas akhir semestet peringkatnya turun lagi jadi ke 3 ,mulai akhir semester pertama kls 9 ini saya mulai serius mau ngelajutin sekolah kemana waktu itu. Sampe pada akhirnya saya nanya sama Farhan,Farhan ini kakak kelas waktu MTs tapi pas saya kls 9 dia udah lulus dan sekolah di salah satu sekolah terbaik di kota Bogor waktu itu. Krn saya suka sama matematika,akhirnya bingung jurusan yang dominan pelajaran matematika itu apa ? IPA atau Akutansi, Pas nanya ke Pak Tri dia nyaranin untuk ngambil IPA. Dan pas nanya ke Farhan yang udah sekolah dikota Bogor lebih duli,pas saya tanya di Bogor sekolah IPA yang bagus itu dimana? dia nyebutin nama Smakbo. Yaudah akhirnya pas libur semester pertama langsung maen ke Smakbo dan liat2 sekolahnya,pas awal liat sih kurang tertarik soalnya pengen lanjutin sekolah ke sekolahnya Farhan yaitu di MAN 2 Bogor. Tapi orangtua waktu itu lebih nyaranin masuk Smakbo aja,soalnya sekolah ini berlebel SMK dan lulusannya di butuhin banyak oleh perindustrian,oiya smakbo itu kompetensi keahliannya di Analisis Kimia jadi banyak dibutuhin sama perindustrian.

Semester ke 2 di kelas 9,jadwal makin sibuk.dan harus belajar lebih keras lagi kalo pengen bisa masuk ke smakbo. Pas di akhir semester ini, mungkin kita (murid) baru sadar bahwa perjuangan guru2 di MTs buat ngelulusin kita semua itu luar biasa. Itu semua yang buat saya ngerasa bangga bisa bersekolah disini dan bisa kenal guru2 yang begitu tulus dan luar biasa mendidik muridnya.

Setelah beres UN,testing smakbo makin deket. Waktu itu mau lomba pramuka di SMK Yapura,dan saya harusnya ikutan waktu itu. Tapi katena harus mempersiapkan diri buat testing smakbo, akhirnya harus ga ikutan lomba itu dan harus segera pindah tinggal sama kakak di daerah kota bogor biar lebih fokus. Saat itu saya sedih, soalnya saya punya keinginan untuk memberikan piala untuk sekolah ini, dan saya pikir lomba pramuka di SMK yapura ini kesempatan terakhir buat memberikan piala untuk sekolah,tapi sayangnya ga di izinin buat ikut lomba. Alhamdulillah waktu itu pramuka dapet hasil juara umum,mungkin kalo bisa ikutan,bisa kasih piala buat sekolah 😂.

Perjuangan masuk Smakbo pun ga gampang,buat masuk ke sekolah ini cukup sulit.dan Pak Triyadi (guru MTK di MTs) dampingin belajar,kebetulan waktu itu ikut Try Out masuk smakbo dan kalo ada soal yang gabisa biasanya langsung minta ajarin ke pak Tri.
Alhamdulillah setelah 5 hari testing,keluar pengumuman siapa yang lolos masuk ke smakbo untuk angkatan 59.  Dan alhamdulillah saya pun keterima di sekolah favorit di kementrian    perindustrian itu.

Yah,itulah perjuangan 3 tahun lalu saat saya masuk smakbo. Skrg udah harus hadapin UN lagi karena udah kls 12 hehe Makin bangga bisa masuk sini dan bisa menjadi bagian darinya.

         inilah Smakbo,semua orang akan selalu bangga menjadi bagian darinya ter masuk saya. Tapi saya lebih bangga pernah menjadi bagian dari MTs Sirojul Kamal,karena  saya merasa bahwa di sekolah MTs lah saya terlahir dan sekarang saya bisa berdiri disini untuk meraih masa depan :)


Terima kasih untuk seluruh guru di MTs Sirojul Kamal yang telah mendidik murid-muridnya dengan  sangat baik :)



1 komentar:

  1. Keren gan, lanjutkan lah! Mampir ke gubuk ane gan

    BalasHapus