Sabtu, 22 Juli 2017

Sepercik Kenangan Tahun Pertama di SMAKBO

            Hai temen – temen, disini gua mau nyeritain gimana pengalaman gua pas ada di kelas 10 SMK – SMAK Bogor atau SMAKBo. Awalnya sih gua ga kepikiran buat ceritain ini, tapi ternyata ada yang request buat di ceritain gimana sih kehidupan anak kelas 10 di SMAKBo (?)

          Pas gua pikir lebih lanjut, mungkin menarik juga sih nyeritain pengalaman kelas 10 soalnya menurut gua kelas 10 itu waktu paling seru dan banyak banget
yang bisa diceritain walaupun mungkin gua agak lupa -  lupa dikit karena itu udah sekitar 4 tahun lalu. Sekarang gua udah mau wisuda di tahun ini hehe.
          Dulu pas gua masuk SMAKBo itu pas tahun 2013, setelah belajar keras akhirnya bisa juga masuk sekolah ini. Pas di bulan – bulan pertama masuk sekolah agak susah buat adaftasi jadi ga terlalu ngerasa nyaman, sama lah halnya kaya lu masuk ke sebuah tempat dan lu belum tau tempat itu kaya gimana, dan kalo pun masuk sekolah lain pun mungkin akan ngerasain hal yang sama apalagi buat skala smakbo yang merupakan sekolah khusus, KIMIA lagi -.- wkwk mungkin akan terasa lebih susah.

           Apalagi dari dulu gua gapernah kebayang kimia itu belajar apa hahaha tapi tiba -  tiba masuk sini, tapi harus tetep bener – bener disyukuri dan berbangga hatikarena Sekolah Analis Kimia (SMAK) itu Cuma ada 3 di Indonesia, SMAKBo SMAK Padang SMAK Makassar.


Tapi gaenaknya itu Cuma pas waktu adaftasi ko, adaftasi sama lingkungan baru dan pelajaran – pelajaran baru tentunya dan itupun ga butuhin waktu yang lama paling Cuma sebulan dua bulan temen – temen udah bisa ngerasa nyaman sekolah disini, mulai kerasa kekeluargaannya, mulai kerasa betah disekolah,mulai kerasa betah sama lingkungan SMAKBo sampe pas udah magrib aja masih rame karena masih pada ngerjain tugas2 sekolah atau hanya sekedar numpang wifi buat download hehe.

         Sekolah kimia pasti identik sama yang namanya laboratorium, kalo ga ada laboratorium namanya bukan sekolah kimia hehehe soalnya kalo kimia itu pasti kebanyakan praktek di lab. Kalo di SMAKBo buat anak kelas 10 itu Cuma ada 2 lab yaitu lab komputer sama lab gravimetri. Di kelas 10 ini Cuma ada 1 lab kimia aja dan itu merupakan lab kimia dasar, blm dikasih bnyak kaya kelas 11 atau kls 12 yang lab nya bisa nyampe 4, mungkin kalo langsung dikasih banyak takut mabok duluan wkwk becanda ya memang di kls 10 Cuma di kasih gravi aja biar belajar tekhnik dasarnya dulu. Oiya gravimetri itu merupakan salah satu teknik analisis berdasarkan perhitungan bobot abu ,jadi sampelnya itu dibikin abu dulu contohnya misal temen – temen mau analisis kadar kalsium dalam batu kapur itu berapa persen sih kadarnya (?) nah nanti sampel batu kapur itu di preparasi dulu dan nanti akhinya berbentuk abu, dan dari abu itu bisa kita hitung kadar kalsiumnya itu berapa. Dan gua masih inget kalo pertama masuk lab ini setelah perkenalan itu suruh bikin lapsus (laporan khusus – laporan yang dibuat setelah praktikum) tentang tata letak lab gravimetri, abis itu belajar menera volume, belajar preparasi sampel, belajar melarutkan dan mengendapka sampel, baru deh abis itu kita analisis secara keseluruhan dari awal sampai akhir menetapkan suatu kadar. Oiya yang paling gua aneh sih yah , kalo orang – orang pinter di SMAKBo itu biasanya ga jago praktek. Makanya gua sedikit berbangga karena selama sekolah di SMAKBo gapernah remed ujian praktek hehe (sebenernya sih pernah nilainya kurang pas UTS gravi, tapi ketolong sama nilai UAS jadinya ga remed). Dan setelah berakhir gravi, nanti temen – temen ketemu sama teknik gravi lagi di kelas 12 yaitu di laboratorium praktikum kimia terpada, kalo disini tekniknya lebih kompleks lagi dan sampel yang digunain udah sampel – sampel yang sering kita gunain di kehidupan sehari – hari.

          Di SMAKBo itu identik sama yang namanya remedial hehe bahakan ada yang sampe bilang “bukan anak SMAKBo namanya kalo belum rasain yang namanya remed”. Emang sih, orang – orang pinter aja (termasuk juara umum) pasti pernah rasain hal ini. Banyak banget penyebabnya entah karena emang gabisa , kiurang teliti, ga hoki dan sebagainya dan yang paling konyol adalah remed gara – gara disuruhnya isi ulangan peke pulpen dia malah pake pensil akhirnya remed dan gagal jadi juara umum hahaha (namanya Yusuf Noer Arifin :D). Untuk tahun pertama di SMAKBo  emang agak sulit temen – temen disini kita bnyak belajar materi baru dan tiap hari pasti akan ketemu sama yang namnaya pelajaran kimia baik itu kimia dasar maupun kimia analisis, dan katanya sih kimia dasar yang di pelajari disini selama 1 tahun kelas 10 itu kalo di SMA dipelajari selama 3 tahun heheh jadi temen – temen bisa bayangin gimana kita dicekokin sama pelajaran baru dan dituntut untuk memahaminya secara cepat. Makanya pasti banyak banget yang remedial bahkan sampe remedial istimewa haha. Dan yang paling lucu adalah waktu ujian di SMAKBo itu lama bisa sampe 1 bulan penuh (udah kaya puasa yah wkwk) . iyah kalo disini kan kita biasanya ujian praktik dulu, abis itu baru ujian teori dan setelah itu remedial praktek terus remedian teori, jadi ga heran ketika sekolah lain udah pada libur tapi anak-anak SMAKBo masih pada rajin kesekolah bahkan gua pernah mau tahun baru tanggal 31 desember masih harus ke sekolah wkwk atau bahkan H – beberapa hari lebaran masih pada kesekolah. Tapi tenang aja temen – temen yang penting di ikutin aja remedialnya sampe tuntas, perlahan lahan kalian akan ngerti ko perlajaran – pelajaran itu di kelas delanjutnya pas di praktekin J

             


Kelas 10 itu menurut gua kelas paling solid, dimana temen - temen kenal sama orang – orang baru, kelas baru dan kita semua mencoba untuk belajar dewasa bareng -  bareng . dan tentunya yang paling gua inget pas kelas 10 itu saat dimana gua mau ngundurin diri dari sekolah semuanya peduli satu sama lain dan akhirnya bisaa lanjut masuk lagi sekolah dan sampe sekarang udah lulus. Dan kelas 10 itu saat dimana masih rajin – rajinnya main futsal hehe jadi tiap ada waktu kosong pasti pada ngajakin main futsal dan itu apernah wacana kaya sekarang wkwk. Temen – temen baru untuk tahun pertama itu pasti bakalan terus dikenang, apalagi untuk kelas 10 SMAKBo, sekolah yang menurut gua sekolah yang berbeda, sekolah ini spesial.
Dan untuk temen – teman yang (mungkin) mau masuk SMAKBo atau lagi menjalani perjuangan menimba ilmu di sekolah ini : terus berjuang, sekolah disini emang gaenak, karena SMAKBo bukanlah terenak melainkan sekolah ini adalah sekolah terbaik. Teruskan perjuangan sampai lulus, karena yang tersulit dalam hidup bukanlah memilih, tetapi bertahan pada pilihan tersebut.

Semoga bermanfaat - 

1 komentar: